Pages

AndA pEngUnjUng kE

Monday, July 4, 2011

Mengenal Obyek

MENGENAL OBYEK DALAM BAHASA KOREA

Setelah dalam pembahasan tata bahasa sebelumnya kita telah mengenal subyek, maka kita akan melanjutkan dengan mengenal obyek.Obyek dalam bahasa Korea biasanya diletakkan sebelum predikat. Salah satu cirinya ditandai dengan partikel penanda obyek ( dan ).
Partikel 를 digunakan setelah kata yang huruf akhirnya berwujud vocal :
Contoh :

1. 저는 사과 좋아해요 ( Saya suka apel )
2. 영화봅니다 ( Saya melihat film )
3. 저는 김치 먹습니다 ( Saya makan kimci )
Partikel 을 digunakan setelah kata yang huruf akhirnya berwujud konsonan.
Contoh :
1. 나는 한국말공부해요 ( Aku belajar bahasa Korea )
2. 저는 책 읽습니다  ( saya membaca buku )
3. 나는 당신 사랑해요 ( Aku cinta padamu ).
Keterangan: 을 dan 를 dalam pengucapannya  biasa disingkat dengan menggunakan  (ㄹ)  saja.
Contoh :
1.누구를 만나요 ? menjadi 누 만나요 ? ( dengan siapa berjumpa ?)
2. 뭐를 먹어요 ?  menjadi  먹어요 ?  ( makan apa ? )
( ket. 뭐 dari 무엇 = apa )
3.        그사람은 나를 만나러 왔어요? menjadi 그사람은 만나러왔어요.
( orang itu telah menemuiku )
Untuk pembahasan selanjutnya  insya Allah ita akan  membahas partikel  에게 dan 한테 serta 도.
Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment