Pages

AndA pEngUnjUng kE

Monday, July 4, 2011

Mengenal kata sambung 그런데, ㄴ (은/는)데

Beberapa waktu yang lalu, seseorang bertanya pada saya  tentang kata 는데 dalam bahasa Korea. Saya telah  berjanji untuk menjelaskannya dalam sebuah postingan, maka pada kesempatan ini akan saya sampaikan tentang kata sambung tersebut.
Kita sering mendengar kata 그런데 ( keronde )  dalam bahasa Korea, yang kalau kita lihat artinya di kamus  : tetapi, namun, padahal. Fungsinya menghubungkan dua kalimat yang berlawanan. Nevertheless dalam bahasa Inggrisnya.
Contoh  :
1. 그것을 사고 싶어요. 그런데 지금은 돈이 없어요. ( kegeosel sago sipoyo, keronde cigemen doni opsoyo ).  Saya ingin membeli barang itu, tetapi sekarang tidak punya uang.
2. 제가 지금 은 시간이 없서요, 그런데 네일 다시 오시겠어요? ( Chega chigemen sigani opsoyo, keronde neil dasi osigessoyo). Saya tidak punya waktu sekarang, namun apakah besok anda bisa  datang lagi ?
Kata 그런데 ( keronde)  bisa diganti dengan akhiran kata sambung  ( conjunctive ending )  pada beberapa kasus di antaranya :
  • V+는데 : digunakan untuk seluruh bentuk kata kerja (action verb ). Contoh : 비가 오는데 우산이 없어요. ( bika onende usani opsoyo ) Hujan turun padahal  tidak ada payung.
  • A+ ㄴ데 : digunakan untuk kata sifat ( Adjective verb) yang berakhiran vokal. Contoh : 피곤 한데 쉴수 없어요 ( pigunhande swilsu opsoyo ). Saya lelah namun tidak bisa istirahat.
  • A + 은데 : digunakan pada kata sifat yang berakhiran konsonan. Contoh : 사람이 많은데 차가 없어요. ( sarami manende caka opsoyo ). Orangnya banyak tetapi mobil tidak ada.
  • N+ 인데 : digunakan pada predikat  이다 ( 이다  verb ) yaitu kata benda yang dijadikan predikat. Contoh : 주말인데 영화를 봅시다 ( jumalinde yongwarel bopsida ). ini adalah akhir pekan maka mari menonton film.
Itulah penjelasan singkat tentang kata sambung  그런데, ㄴ (은/는)데 . Sebenarnya pada halaman KOREAN ONLINE telah dibahas  dan lebih jelasnya kita bisa lihat langsung dengan mengklik gambar dibawah :
sogangBagi yang ingin latihan soal dan sekaligus bisa mengetahui jawabannya bisa mencoba klik link di bawah ini :
u10981010
Tentu masih banyak sumber lain yang bisa menjelaskan  lebih detail. Semoga ada yang bersedia melengkapi dan mudah-mudahan bermanfaat. Selamat belajar.

No comments:

Post a Comment