Pages

AndA pEngUnjUng kE

Monday, January 14, 2013

Pesta Pantai (Beach Party!)

Pantai! Dari seluruh macam tempat wisata, pantai selalu jadi kandidat yang gak bakalan terlupakan. Gak tau kenapa, yang jelas di pantai itu asyik. Meski gak bisa berenang (seperti saya) kita tetep bisa ngelakuin bermacam kegiatan menyenangkan di pantai. Mau maen voli, kek. Sepak bola, kek. Berjemur, kek. Berak di pasir-pasir, kek. Banyak banget, deh. Singkatnya: beach is fun.
 
Secara pribadi saya termasuk jarang banget pergi ke pantai. Kalo diinget-inget, rasanya cuman dua kali deh. Itupun ke pantai yang sama. Mungkin karena jarang itulah, pengalaman saya ke pantai bener-bener gak terlupakan.
Satu-satunya pantai yang pernah saya kunjungi (seingat saya, gak tau lagi kalo ada yang laen) adalah Pasir Putih di Situbondo. Saya ke pantai ini pada waktu TK dan terakhir kali pada waktu kelas satu esema.
Barengan sama temen-temen sekelas (yang laki-laki aja, yang perempuan cuman dikit dan enggak nginep) kita nyewa dua kamar di salah satu penginepan sana.
Karena kita dateng agak siang dikit, jadinya hari pertama gak banyak yang dilakuin. Waktu itu kita nyewa perahu buat berlayar ke tengah, ngeliatin ikan-ikan. Gara-gara kagak bisa renang, jadinya ya rada-rada keder juga. Kalo ntar kepeleset trus nyemplung aer kan gawat. Tapi untung saya bisa bersikap tenang. Paling-paling juga pipis di celana.
Yang parah saat itu adalah waktu kita balik lagi ke pantai.
Karena gak biasa sama gelombang laut, waktu turun dari perahu kaki saya keseret aer. Keseimbangan hilang, dan dengan sukses saya nyungsep, nyemplung dengan posisi tiarap. Byurrr…
‘Enggak pa-pa! Cuman kesandung landak laut! Beneran! Buset, gede banget!’
‘…’
ïð
Malemnya, kita semua ngumpul-ngumpul di samping penginapan, duduk di tepi pantai sembari mengamati keindahan alam ciptaan Tuhan yang sungguh amat-sangat-benar-benar-menakjubkan-sekali-banget. Yihu. Beneran asoi banget, deh rasanya. Mantab’ (dibaca pake qalqalah kubro ya)
Meski begitu, rasanya rada-rada kurang nyaman juga, sih. Pasalnya temen-temen saya banyak yang ngerokok. Puah, cuah, kalo anginnya pas mengarah ke saya, rasanya bakalan langsung bengek kronis, deh.
Di saat seperti itu, maminya Mas Fahrian (salah satu temen saya yang waktu itu juga ikut) dateng bawain suplai konsumsi. Kontan aja anak-anak pada panik. Ribut seketika. ‘Matiin rokoknya!’ ‘Aduh!’ ‘Matiin!’ ‘Mamiku, mamiku!’ ‘Anjrit!’ ‘Puah!’ ‘Buang, buang!’
‘Mulut aku bau rokok, gak?’
‘Enggak, TAPI BAU PANTAT, DODOL!’
‘Pantatku yang bau rokok?’
‘…’
Ternyata, maminya Mas Fahrian tersebut dateng buat nganterin banyak jagung. Yeee, asik. Malem-malem di pinggir pantai bakar-bakar jagung. Hore.
Akhirnya malam pun kita lewati dengan acara burning-burning corn bersama. Asik. Meski hasilnya gak enak-enak banget, tetep aja hepi. Kalo ada orang lewat, kita tawarin. Mereka pun menerima dengan senang hati. Peduli amat kalo nanti ada yang kejet-kejet keracunan, yang penting kita hepi.
Hihihihih.
Padahal salah satu dari orang-orang yang kita kasih jagung ntu adalah seorang bapak-bapak bersama anaknya yang masih kecil. Wahai Bapak, sadarkah Anda bahwa Anda baru saja sukses mempersuram masa depan buah hati Anda?
Anyway, meski yang di atas cuman becanda, caranya temen-temen buat memperlakukan jagung emang rada mengkhawatirkan. Terbukti pas giliran saya ngambil bagian, eh ternyata jagungnya jatoh ke pasir-pasir. Udah gitu semua pada cuek.
‘Aih, asem. Jatoh.’
‘Udah, gak pa-pa. Gak bakalan mati. Lagian idup mati udah diatur. Kalo belom waktunya paling-paling juga sekarat.’
‘Oh, iya ya?’ Saya manggut-manggut.
‘Abis sekarat baru mati.’
‘Anjrit.’
ïð
Paginya, kita balik lagi ke pantai. Anak-anak pada ngumpul semua di dermaga. Essib deh. Cuaca mendukung. Suasana sekitar juga mendukung. Hari yang perfek buat bersenang-senang.
Sehabis nonton sunrise, otak anak-anak mulai eror lagi. Soalnya pas ngeliat ke air di bawah, nampaklah dengan senang hati seekor ubur-ubur berwarna merah muda. Pikiran anak-anak langsung aja mengarah ke yang enggak-enggak. Sementara itu, si ubur-ubur dengan tenangnya melayang-layang di dalam air, tanpa mengetahui bahaya besar yang mengancam.
‘…’
‘Tangkep yuk?’
‘Ayuk.’
‘…’
Operasi penangkapan ubur-ubur pun dimulai.
‘Beli kresek! Beli kresek!’ Saya pun bergegas lari buat beli kresek gede yang (waktu itu) satu buah harganya seribuan. Tiga-empat anak nyemplung ke aer buat nangkepin tu ubur-ubur malang. Saya dan temen-temen laennya duduk di dermaga, ngerekam sambil memberi kata-kata penyemangat, seperti, ‘Ayok, cepetan! Ah, bego!’ ‘Alaah, gitu aja enggak bisa! Tolol!’ ‘Lama amat sih!’ ‘Lelet, ah!’ Padahal kalo disuruh nyobain juga belom tentu bisa.
Akhirnya, dengan seluruh daya upaya umat manusia, berhasil juga ntu ubur-ubur kena tangkep. Pelan-pelan, dengan dibungkus kresek gede, ubur-ubur malang tersebut digiring ke daratan.
Pas diliat, ternyata ubur-uburnya udah gak bentuk lagi. Rasa-rasanya tu di dalem kresek ada kresek lagi berwarna merah muda. Emang kalo gak di laut jadi kayak gini, ya? Gara-gara di dalem kresek, kena gencet dari segala arah, jadinya bener-bener gak serupa ubur-ubur lagi.
Orang-orang sekitar, yang juga pada penasaran dengan aktivitas kita (entah beneran penasaran ato justru prihatin ngeliat kita yang udah setengah gila), pada ikut ngeliatin.
‘Apa itu, Dik?’
‘Ubur-ubur, Pak. Lucu, ya?’
‘He-eh. Mirip feses saya kalo diare, Dik. Bisa dimakan gak?’
‘Bisa kok, Pak! Bisa!’
‘Oh, bisa ya?’
‘Iya. Bapak mau? Tapi kalo abis makan ini terus Bapak mati, kita-kita gak nanggung ya, Pak.’
‘…’
Lah, bener kan?
Urusan makan-memakan itu mudah. Tinggal lep, mantep.
Yang susah adalah nasib kita setelah makan.
Akhirnya, setelah kita-kita pada bosen, tu ubur-ubur dilepasin lagi ke laut. Kasian, udah di laut pun kayaknya ntu ubur-ubur masih kesulitan buat balik lagi ke rupa asalnya. Mungkin kalo bisa ngomong, dia bakalan tereak-tereak protes, ‘KALIAN KEJAM! KEJAM! SEKARANG AKU SUDAH TIDAK PERJAKA LAGI! TIDAAAAAAAK! BAGAIMANA DENGAN HIDUPKU NANTI!?’ (emangnya ntu ubur-ubur diperkosa?) Well, intinya tu ubur-ubur udah dengan sukses mendapat predikat ma’desu (Masa Depan Suram) absolut.
Meski beneran gak berdaya kayak gitu, ternyata si ubur-ubur masih punya usaha buat mempertahankan diri. Terbukti waktu abis dia dilepasin, salah satu temen saya yang bernama Mas Pram misuh-misuh, megangin kakinya.
‘Kenapa?’
‘Kakiku kena sengat tuh tadi, sama si ubur-ubur.’
‘Waaah, gimana tuh, rasanya?’
‘Gak pa-pa sih, cuman nyeri dikit sama gatel-gatel aja.’
‘Tabah, deh. Liat sisi baeknya aja.’
‘Sisi baek apaan?’
‘Gali kuburan di pasir kayaknya lebih gampang.’
‘Biadab.’
ïð
Agak siangan, hari-hari dihabiskan dengan maen-maen aer. Anak-anak pada berenang, saya ngerekam ajah. Soalnya mau nyemplung repot. Udah kagak bisa renang, pilek lagi. Asem, deh. Tapi gak pa-pa. Begini aja udah cukup hepi.
Anak-anak yang pada kurang ajar, nunjuk-nunjuk cewek yang ada di kejauhan. Lumayan, sih. Manis. Putih. Apalagi pake baju pantai. Wajar, kan kalo kita perhatiin. Tipe-tipe model iklan sabun kecantikan, gitu loh. Beda kelas sama kita-kita yang sehoki-hokinya cuman jadi model iklan sabun khusus cebok. Di sini kan bukan Bali atau Ancol, jarang-jarang ada cewek kayak gitu.
‘Li, Li, itu, itu.’
‘Kenapa? Kenapa?’
‘Cewek, lho. Cewek.’
‘Oh.’
Kita-kita pun dengan sentausa merekam kegiatan tu cewek. Makin lama jadi makin larut, akhirnya jadi mirip orang-orang tipe absolute pervert. ‘Zoom! Zoom!’ ‘Aduh, ketutupan!’ ‘Anjrit, sapa tuh yang nutupin! Minggir napa? Biadab!’ ‘Geser! Geser!’ ‘Udah dibilangin, ZOOM, MONYONG!’ ‘INI UDAH MAKSIMAL, DODOL! EMANGNYA DIPAKEIN TELE LENS, APA?’
Beberapa lama setelah kita-kita pada males beraksi layaknya orang mesum, tingkah anak-anak di aer semakin menggila. Ujung-ujungnya, temen saya pada kena tusuk hewan laut. Modelnya sih yang berduri-duri gitu, deh. Semacam Landak Laut, atau apa namanya? Bulu Babi? Dunno ‘bout that. Bulu Babi, kek. Bulu Anjing, kek. Bulu Kemaluan, kek. Ai dont ker.
‘Aduh, kakiku kena nih!’
‘Kakiku kena dua!’
‘Ini malah empat!’
Wooo, ekstrim deh. Dari seluruh gerombolan, yang kena ada dua, Mas Basith dan Mas Fahrian. Gak tau apa tu duri mengandung racun ato kagak, tapi yang jelas temen-temen saya yang pada kena tusuk tu sakitnya gak biasa. Mungkin beneran ada racun ato zat kimianya, ya.
Setelah beberapa saat anak-anak ngumpul buat ngecek kondisi kaki para korban, Mas Pram dateng. Dia lari-lari kecil sambil ngebawa segepok daun-daunan.
‘Katanya Bapak yang jaga di sana, diobatin pake daun ini.’
‘Cara makenya gimana?’
‘Dicampurin sama aer, trus diminum.’
‘Oke.’
‘Tapi―’
‘Tapi apa?’
‘Buat pertolongan pertama, lukanya DIPIPISIN dulu.’
‘HAH?’
Anak-anak pada minum aer banyak-banyak.
Sebagian lagi udah ancang-ancang mau melorotin celana.
ïð
Well, itulah pengalaman saya selama bermain-main di pantai waktu kelas satu esema. Banyak kejadian seru, bikin kita semua gak bisa ngelupain saat-saat di sana.
Gimana dengan pengalaman kamu sendiri?
Pastinya lebih seru, kan?

No comments:

Post a Comment